Ada ciri sendiri yang membedakan malam lailatul qodar dengan malam-malam yang lainya. Ciri inilah yang menjadikan malam ini istimewa dan penuh berkah.

kita sudah memasuki di sepuluh terahir dari bulan Ramadhan tanpa terasa bulan yang begitu mulia ini akan segera meninggalkan kita semua.

maka dari itu sudah sepatutnya kita lebih semangat lagi pada 10 hari terahir ini dalam beribadah.  terlebih khusus pada 10 hari ini terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Nah inilah beberapa ciri-ciri malam lailatul qodar yang mungkin kalian sudah melewatinya tanpa kalian sadari

 

Berikut tanda malam lailatul qadar tersebut:

1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi.

” Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin , pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh atau terpercaya.

2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Tidak seperti ibadah pada hari-hari lainnya.

3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya seperti terjadi pada sebagian sahabat Rasulullah SAW.

4. Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar.

” Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, ‘Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik’.” (HR Muslim).

Bagaimana? apakah ada salah satu dari tanda-tanda ini yang kalian rasakan… jika ada maka patut bersyukur karna mendapatkan kemuliaan dari Allah berupa malam yang lebih baik dari seribu bulan ini. jika belum maka kita harus berusaha lebih giat lagi dalam mencampainya selagi bulan Ramadhan masih ada di hari-hari kita.

Semoga kita semua di nasibkan dan dimuliakan oleh Allah berjumpa dengan malam Lailatul Qodar sebelum akhir hayat kita.. Aminn Ya Rabbal Alaminn….

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here