Sebagai mana kita ketahui pada zaman sekarang ini kehidupan hamper tidak bisa terpisah dari yang namanya smartphone. Baik digunakan untuk telpon dan mengirim pesan sampai bisa melakukan kegiatan multi fungsi lainya seperti bermain game, memfoto, merekam video dll. Di balik semua manfaat yang diberikan smartphone untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari tapi tahukah kalian bahwa terlalu tergantung dengan smartphone dalam kehidupan sehari-hari juga berdampak buruk bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Inilah 5 dampak buruk kecanduan smarphone yang kami rangkum.

 

  1. Kesehatan mata terganggu

Tahukah kalian dengan sering menatap layar smartphone maka akan membuat mata terganggu. Smartphone mengalirkan sinar biru yang membuat mata dan pengelihatan kita jadi terganggu dan pandangan mata kita menjadi kabur. Bisa kita lihat anak muda zaman sekarang banyak sekali yang mengalami gangguan mata akibat menjadi korban kecanduan smartphone yang akhirnya membuat mereka menggunakan kaca mata. Kita disarankana untuk tidak melihat terus menerus smartphone selama 15 menit lebih, usahakan untuk istirahat dan melihat pemandangan lain agar mata kita bisa istirahat. Dan tidak disarankan juga untuk menggunakan smartphone sambal berbaring karna kita akan rentan terkena sindrom Trasient Smartphone Blindness sindrom ini menyerang kita yang sering menggunakan smartphone berbaring dengan mata tertutup sebelah.

2. Menggangu pendengaran

    

 Menggunakan smartphone dengan earphone secara berlebihan juga bisa membuat pendengaran kita menjadi terganggu. Memang mendengarkan music dengan smarphone sangat asik karna kita bisa mendengarkan music favorite kita dimana saja, tapi ingat berikan waktu istirahat untuk telinga kita karna dampaknya pendengaran kita menjadi lemah. Apalagi ketika kita membawa kendaraan usahakan untuk mengecilkan volume sehingga kita bisa mendengar suara di sekitar kita agar tidak terjadi kecelakaan.

3. membuat bodoh

selain membantu dalam kehidupan kita sehari-hari ternyata kecanduan smartphone bisa membuat kita menjadi bodoh juga loh.. kenapa? Karena smartphone memancarkan radiasi yang dapat mengurangi daya fungsi otak kita dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu saja pada zaman sekarang ini kita juga bisa melihat orang-orang selalu mengandalkan smartphonenya dan melalaikan fungsi otaknya sendiri. Mulai dari selalu menggunakan kalkulator dalam menghitung dan juga dikit-dikit selalu mencari sesuatu di google tanpa berusaha mengandalkan otaknya dalam berpikir, maka hal ini bisa membuat daya kekuatan otak kita menurun karena tidak di gunakan dengan maksimal. 

4.Membuat kita menjadi pribadi yang anti sosial

Sering kita lihat pada zaman sekarang ini sewaktu orang-orang berkumpul dengan niat menjalin silaturahmi tapi waktu terbuang sia-sia karena mereka sibuk sendiri-sendiri dengan smartphoneya. Mulai dari nulis status di face book, hingga membalas pesan-pesan yang masuk jadinya interaksi dengan teman kita menjadi kurang dan membuat kita lupa waktu.

5. Bikin susah tidur

Banyak orang yang mengeluh kepada dokter tentang penyakit sulit tidur yang dialaminya, setelah di teliti ternyata dia setiap malam sebelum tidur selalu menggunakan smartphonya, dengan mata kita terlalu asik melihat smartphone maka mata kita akan menjadi semakin terjaga dari ngantuk yang menjadikan kita bergadang semalaman bahkan tidak tidur sama sekali.

 

Walaupun banyak manfaat yang ditawarkan smartphone untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari tapi jangan sampai kita diperbudak oleh smartphone. Sehingga kita menjadi kecanduan dan menjadikan kesehatan kita menjadi buruk baik dari segi jasmani dan rohani. Biasakanlah menggunakan otak kita tanpa selalu tergantung dengan perangkat elekronik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here