Istana Topkapi adalah salah satu saksi bisu dari kejayaan masa masa kesultanan utsmaniyah (Ottoman). Walaupun sekarang sudah beralih fungsi menjadi museum, akan tetapi kurang dari satu abad lalu tempat ini ialah kediaman sultan, selir-selir dan juga para pelayan setianya.

 

Istana Topkapi ini dibangun di dataran istanbul diantara tahun 1466 dan 1478 M atas perintah Sultan Mehmet II. Setelah penaklukanya kota ini pada tahun 1453 dia berpikir untuk mendirikan tempat yang layak untuk di huninya. Ahirnya dubangunlah Topkapi di atas reruntuhan kuno para kaisar Bizantium. Hal ini bertunjuan untuk menunjukan kekuasaan dan kemuliaan negara. Setelah mendekati abad 15 tempat ini pun menjadi hunian layak para sultan

 

Jika kita terjemahkan Topkapi dari bahasa turki itu bermakna Gerbang meriam. Nama ini diambil dari Meriam meriam besar yang berada di depan gerbang istana. Meriam ini ialah meriam yang dihunakan untuk merebut kota istanbul yang dahulu lebih dikenal dengan nama Konstatinopel.

 

Bertepatan pada tanggan 3 April 1924, Istana Topkapi diputuskan untuk dialihfungsikan menjadi sebuah museum, dan hal ini adalah yang pertama kali terjadi pada Republik Turki. Letak Istana topkapi ini tidak jauh dari pusat Kota sangat dekat sekali dari masjid sulaimaniyah dan masjid biru, berdekatan dengan selat Bosforus.

Istana topkapi ini banyak sekali menyimpan arsip arsip dan perpustakaan yang luar biasa. Di dalamnya terdapat sekitar 300 ribu dokumen yang disimpan. Di dalam taman istana topkapi ini pun terdapat banyak sekali bunga dan tanaman seperti mawar, tulip, hyacinth dalam tradisi ottoman

 

Pada waktu istana ini berubah menjadi museum untuk pertama kalinya masyarakat umum bisa berkunjung melihat ke dalam istana tersebut. Di dalam Museum ini terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan dari mereka yang telah mendiami tempat ini selama 400 tahun. Dari begitu banyaknya peninggalan-peninggalan itu yang ditampilkan di dalam Museum hanyalah sebagian kecil dan masih banyak lagi yang disimpan di dalam gudang penyimpanan.

Istana ini juga merupakan psat administrasi kesultanan Utsmaniyah. Merupakan istana yang sangat besar dan mewah dan juga merupakan salah satu dari istana tertua yang ada di dunia saat ini. Luasnya 700.000 meter persegi. Dikelilingi tembok sepanjang 5 km.


Di dalam Istana ini merupakan sebuah komplek. Di dalamnya antara lain  terdapat 3 buah istana, dapur yang sangat besar,  tampat tinggal harem yaitu bangunan tempat tinggal istri-istri kaisar dan anak-anaknya, dan juga gedung-gedung pemerintah. Halaman-halaman di istana ini di tutupi oleh dinding dan pintu gerbang ya g Sangat indah.

 

Di dalam Museum ini tidak hanya terdapat lukisan, perhiasan, barang pribadi milik Sultan dan keluarganya, akan tetapi terdapat juga peninggalan-peninggalan yang terkait dengan masa Nabi Muhammad SAW.

Istana topkapi ini pun kini menjadi tempat datangnya turis sepanjang tahun. Tempat ini sekarang menjadi pusat pembelajaran budaya turki utsmani pada masa kejayaanya. Pengunjungpun bisa membayangkan betapa megahnya masa kejayaan tersebut sambil beristirahat sejenak di tempat tersebut.





TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here