TAJAM, JAMBI – Program inspiratif “Berbagi Kursi Roda Gratis Wali Kota Jambi”, merupakan trend baru yang lahir dan dihadirkan untuk menjawab kebutuhan sebagian masyarakat yang sangat membutuhkan, yaitu penyandang disabilitas yang ada di Kota Jambi. Kehadirannyapun selama ini sangat ditunggu dan disambut hangat oleh penerima bantuan.

Bagi masyarakat, bantuan Walikota Jambi tersebut merupakan penyambung asa dan memberikan motivasi baru bagi penyandang disabilitas, yang selama ini hidup dalam berbagai keterbatasan.

Hal tersebut tampak dan dirasakan langsung oleh Wali Kota Fasha ketika dirinya hadir menyapa masyarakat untuk bersilaturrahmi sekaligus menyerahkan secara langsung bantuan kursi roda tersebut, sebagaimana terlihat saat Syarif Fasha menyerahkan bantuan kursi roda di 4 tempat sekaligus dalam wilayah Kota Jambi, Selasa (22/8).

Dilokasi pertama, Fasha menyambangi kediaman M. Basri (72 th) warga RT 6 Kelurahan Kasang Kecamatan Jambi Timur. Disini, selain bersilaturrahmi, Fasha langsung menyerahkan kursi roda kepada M. Basri yang memang telah lama mengalami kelumpuhan itu.

Sementara dirumah ke 2, Fasha menjumpai ibu Fatmawati (67 th), warga RT.10 Kelurahan Sulanjana Kecamatan Jambi Timur. Dikediaman Fatmawati, Wali Kota Fasha mendapati ibu yang berusia sepuh tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Lemah tak berdaya akibat kelumpuhan dan penyakit tumor yang dideritanya selama ini. Kehadiran Fasha menyerahkan bantuan kursi roda gratis, disambut tangis dan haru bahagia.

Tiada henti Ibu Fatmawati sambil menangis tersedu, menadahkan tangannya kepada Allah, bersyukur atas anugerah Allah kepada dirinya tersebut. Mantan guru TK itu pun mendoakan Wali Kota Syarif Fasha agar nendapatkan keberkahan karena telah membantu masyarakat seperti dirinya.

Selain menyerahkan bantuan kursi roda, kepada ibu Fatmawati, Fasha juga memberikan santunan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dengan harapan ibu itu kembali pulih sehat dan terbantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan kursi roda tersebut.

Ditempat yang sama, Husnaini, Ketua RT 10 Kelurahan Sulanjana Kecamatan Jambi Timur yang hadir saat penyerahan itu, sangat mengapresiasi perhatian Wali Kota Syarif Fasha kepada warganya.

“Inilah bentuk perhatian yang sangat luar biasa ditunjukkan oleh seorang Wali Kota. Beliau telah datang kesini sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga kami yang memang sangat membutuhkan bantuan, padahal kami tau sebagai Wali Kota beliau tentunya sangat sibuk dan penuh dengan aktifitasnya,” tutur Husnaini.

Penyerahan kursi roda gratis itu pun kemudian berlanjut, Fasha kemudian menjumpai Sumardi (46 th), warganya yang tinggal lorong Garuda I RT. 28 Kelurahan Talang Banjar.

Sementara itu menjelang magrib, penyerahan kursi roda Fasha pun berlanjut. Ia menjumpai ibu Tuliyem (59 th) warga RT.01 Kelurahan Rawasari yang memang telah lama membutuhkan bantuan kursi roda tersebut. Ibu Tuliyem yang mengalami kelumpuhan akibat penyakit stroke itu juga berprofesi sebagai pemandi jenazah, walaupun dengan kondisi yang lumpuh namun dirinya tidak berputus asa untuk tetap melaksanakan fardhu kifayah memandikan jenazah umat Islam.

Kehadiran Wali Kota Fasha yang memberikan bantuan kursi roda tersebut, jadi kebahagiaan luar biasa bagi dirinya yang berharap dapat hidup mandiri dan mengurangi ketergantungan kepada keluarga. Bantuan itu juga merupakan jawaban atas harapan dari sebagian masyarakat penyandang disabilitas di Kota Jambi.

Kepada sejumlah wartawan, usai menyerahkan bantuan kursi roda itu, Fasha berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menunjang aktivitas sehari-hari penerima kursi roda tersebut.

“Jangan sampai bantuan ini tidak dimanfaatkan dengan baik, karena masih banyak saudara kita yang membutuhkan bantuan ini. Kami harap bantuan ini dapat bermanfaat secara maksimal dalam membantu kemandirian saudara kami dalam beraktivitas sehari-hari, sembari mengurangi ketergantungan terhadap orang lain,” harap Fasha.

Program berbagi kursi roda gratis, yang berasal dari gajinya selaku Wali kota selama ini, memang sengaja di dedikasikannya untuk kemaslahatan masyarakat yang dipimpinnya. Sembari menyerahkan bantuan, Wali Kota Fasha juga berkesempatan memotivasi penerima bantuan agar dapat hidup mandiri dengan menggali potensi diri walaupun hidup dalam keterbatasan.

Sebagaimana diketahui, program berbagi kursi roda gratis bagi masyarakat itu, merupakan kegiatan sosial yang dibiayai sendiri secara pribadi oleh dirinya tanpa membebani APBD Kota Jambi. Fasha memang sengaja tidak mengambil gajinya sejak menjadi Wali Kota. Gajinya itu sepenuhnya dimanfaatkan untuk membantu warga dalam berbagai banyak hal, diantaranya kegiatan pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat. (hk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here