TAJAM, JAMBI – Moment silaturrahmi dan saling maaf memaafkan memang tak mengenal waktu dan tempat. Kebiasaan bersilaturrahmi dalam moment Halal bi Halal telah menjadi budaya di Indonesia meski hari raya Idul Fitri di bulan syawal telah berlalu. Kesempatan berhalal bi halal yang memberikan banyak manfaat dalam membangun silaturrahmi itu juga tak disia-siakan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME.

Wali Kota yang juga dikenal rajin menghadiri berbagai undangan silaturrahmi dari masyarakat di Kota Jambi itu, juga kerap mengundang dan memfasilitasi berbagai acara yang diselenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat dari berbagai suku, agama dan ras yang ada di Kota Jambi.

Kali ini Wali Kota Syarif Fasha berkesempatan mengundang masyarakat Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah dalam acara silaturrahmi Halal bi Halal 1438 Hijriah.
Acara yang dikerjasamakan dengan Forum Komunikasi Keluarga Besar Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (FKKB Sumbagsel – Teng) Provinsi Jambi itu juga akan mengundang para sepuh dan tokoh-tokoh masyarakat asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah baik yang berada dalam Kota Jambi maupun luar Kota Jambi. Demikian dikatakan Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar, di ruang kerjanya, Senin (21/8).

Menurutnya silaturrahmi Halal bi Halal itu dilakukan karena merupakan suatu kewajiban bagi ummat muslim untuk saling memperkuat tali silaturrahmi. Apalagi itu dilakukan oleh seorang kepala daerah bersama warga masyarakatnya.

“Bapak Wali Kota kembali mengundang seluruh Tuo-tuo Tengganai, Tokoh Masyarakat, Pemuda-Pemudi segenap warga Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah untuk menghadiri acara silaturrahmi Halal bi Halal Idul Fitri 1438 Hijriah yang akan berlangsung dilapangan utama kantor Wali Kota Jambi, Sabtu malam tanggal 26 Agustus 2017,” ujar Abu bakar.

Abu Bakar mengatakan, bahwa undangan tersebut terbuka untuk semua warga Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah. Acara yang akan berlangsung di lapangan utama kantor Wali Kota itu juga akan semakin semarak karena panitia selain telah menyediakan berbagai hadiah. Undangan juga akan dihibur oleh artis kenamaan seperti group band Koes Plus Junior (T’Koes), Kiki Ariska, aktor senior Anwar Fuadi, serta komedian asal Palembang Yai Najib.

“Undangan Silaturrahmi ini terbuka untuk semua saudara warga Kota Jambi khususnya asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah. Acara ini juga akan dihibur group band Koes Plus Junior (T’Koes), Kiki Ariska, aktor senior Anwar Fuadi, serta komedian asal Palembang Yai Najib. Dan jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan hadiah 2 unit sepeda motor, serta berbagai hadiah menarik lainnya,” terang Abu Bakar.

Sementara itu, sesepuh masyarakat Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah yang juga Ketua umum Forum Komunikasi Keluarga Besar Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (FKKB Sumbagsel – Teng) Provinsi Jambi, Kombes Pol. (Purn) Drs. H. Fauzi Syawal, SH, MM, MH, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diprakarsai oleh Forum Komunikasi Keluarga Besar Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (FKKB Sumbagsel – Teng) Provinsi Jambi yang difasilitasi oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Kegiatan itu juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah yang ada di Kota Jambi.

“Kegiatan ini diprakarsai oleh Forum Komunikasi Keluarga Besar Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (FKKB Sumbagsel – Teng) yang terdiri dari 6 Provinsi yaitu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha,” terang Fauzi Syawal, didampingi Sekretaris Umum M. Purnomosidi, ST, IAI.

Fauzi juga mengungkapkan, FKKB Sumbagsel – Teng yang terdiri dari warga masyarakat dari 6 Provinsi itu memang sangat potensial dalam turut membangun Kota Jambi, oleh karenanya kegiatan silaturrahmi itu selain bernilai ibadah juga diharapkan dapat membangun sinergi antara masyarakat Sumbagsel – Teng dengan jajaran Pemerintah Kota Jambi.

“Masyarakat asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah yang tinggal di Kota Jambi ini sangat potensial. Kita harapkan kegiatan ini selain bernilai ibadah, juga dapat menguatkan peran masyarakat asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah dalam meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah guna turut serta membangun Tanah Pilih Pusako Batuah yang kita cintai ini,” tambah Fauzi.

Fauzi juga menghimbau masyarakat Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah yang tinggal di Kota Jambi tidak melewatkan acara Halal bi Halal tersebut karena pertemuan itu akan turut dihadiri Tuo-tuo Tengganai, para Sepuh, Tokoh-tokoh masyarakat, Pemuda-Pemudi keluarga besar asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah yang ada di Kota Jambi dan sekitarnya.

“Jangan dilewatkan Sabtu malam Minggu ini, silaturrahmi akbar warga Kota Jambi asal Sumatera Bagian Selatan dan Tengah di lapangan utama kantor Wali Kota,” undangnya.

Berdasarkan pantauan media ini, kegiatan Halal bi Halal yang akan berlangsung di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi Sabtu malam itu tengah dipersiapkan oleh panitia.
[22/8 23.01] Ami Wancik Dua: Kebakaran :

Tanggap, Wali Kota Syarif Fasha Bantu Korban Kebakaran

Fasha Harap Warganya Sabar dan Tawakal

JAMBI – Cepat tanggap, mungkin istilah tersebut tepat untuk menggambarkan sosok Wali Kota Jambi DR.H. Syarif Fasha, ME. Mendengar terjadinya bencana kebakaran yang menimpa warganya di kelurahan Beringin Kecamatan Pasar Jambi Selasa (22/8), membuat Fasha segera membagi waktu menuju ke lokasi kejadian disela-sela aktivitasnya yang padat.

Sebelumnya, Wali Kota Fasha telah menginstruksikan jajarannya untuk segera bergerak cepat mengatasi kebakaran tersebut. Beruntung kebakaran dapat diatasi segera oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi tanpa menelan korban jiwa. Dinas Sosial pun segera mendata dan menyiapkan bantuan serta logistik.

Dihadapan para korban yang sedari pagi menantinya, Wali Kota Fasha didampingi instansi terkait serta Camat Pasar dan Lurah Beringin, menyatakan rasa prihatinnya atas peristiwa tersebut, dan dirinya berharap agar para korban tawakal, sabar serta dapat diberikan kekuatan dalam menghadapi musibah tersebut.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Jambi, menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah ini, semua yang menimpa saudara-saudara kita ini tentu tidak ada yang menginginkannya, namun karena ini adalah sunnatullah (takdir-red) dan siapapun tidak bisa menghindarinya,” ujar Fasha saat melakukan peninjauan kerumah korban.

Fasha juga sekaligus langsung menyerahkan bantuan kepada para korban. Fasha mengatakan bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Jambi adalah untuk membantu korban melewati masa sulit pasca terjadinya bencana kebakaran itu.

“Kehadiran kami disini selain mengunjungi kami juga merasakan apa yang dialami warga kami. Hari ini kami juga menyerahkan bantuan kepada saudara kami yang mengalami musibah yang selama ini juga selalu kami bagikan kepada semua korban bencana. Bantuan ini juga telah didata sesuai dengan kebutuhan. Dan jika dilihat dari bentuk serta nilainya mungkin terlalu kecil untuk musibah yang kita alami. Tapi ini adalah bentuk perhatian pemerintah Kota Jambi kepada warganya, yakinlah, kami akan selalu hadir disaat warga kami membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Dihadapan warganya itu, Wali Kota Fasha juga memberikan motivasi serta juga berharap agar warga korban kebakaran tersebut tetap optimis serta tidak putus asa.

“Janganlah peristiwa ini melemahkan iman kita, dengan menyesali apa yang terjadi. Kita harus optimis dan menyadari bahwa ini adalah cobaan dan ingatlah bahwa Allah tidak akan mencoba kita diluar batas kemampuanya,” ingat Fasha.

Fasha juga mengingatkan dan menghimbau agar musibah ini dapat menjadi pelajaran untuk berhati-hati. Khususnya dalam penggunaan alat rumah tangga seperti kompor, gas dan instalansi listrik. Karena sebagian besar kejadian kebakaran dikarenakan dua faktor tersebut.

“Kedepannya agar supaya masyarakat lebih berhati-hati khususnya ibu-ibu kalau memasak menggunakan kompor gas, maupun peralatan listrik lainnya. Jangan sampai kita lalai, jika tidak digunakan segera dimatikan,ā€¯ujarnya.

Terkait dengan kemungkinan adanya dokumen-dokumen penting yang rusak atau hilang seperti ijazah, Akta Kelahiran, KK, dan lain-lain, Wali Kota minta agar dilaporkan ke RT, Lurah hingga Camat untuk dibantu pemrosesan pembuatannya.

Sementara itu, para korban tampak tak mampu menutupi rasa duka bercampur gembiranya atas kedatangan Wali Kota Fasha.

“Saya sekeluarga ucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota Fasha beserta jajarannya yang telah membantu kami dengan cepat. Kami merasa sangat terbantu, apalagi para tetangga juga ikut membantu,” tutur salah seorang warga dengan mata berkaca. (hk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here